Contoh Teks Eksposisi

Toga Sebagai Obat Alternatif
 
Tanaman obat keluarga (Toga) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Budidaya tanaman obat untuk keluarga (Toga) dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.

Saat kita sakit kita pasti membutuhkan obat, karena bisa mengobati atau meredakan sakit, namun dengan berkembangnya zaman obatpun semakin berkembang disamping itu harga beberapa obat-obatan juga naik. Sekarang kita bisa menggunakan tanaman obat keluarga (Toga) sebagai alternatif dari obat-obatan tersebut. 
Berbagai jenis tanaman obat keluarga juga sudah terbukti ampuh dalam membantu proses penyembuhan. Tidak heran jika banyak orang mulai melirik tanaman obat sebagai pilihan pertama untuk menyembuhkan penyakit dari pada harus pergi untuk berobat ke rumah sakit. Berbagai jenis tanaman obat keluarga bisa hidup disekitar rumah sehingga penanaman dan perawatan tanaman obat pun tidak perlu membutuhkan perhatian berlebih karena tanaman obat bukanlah tanaman yang dipanen setiap musim, melainkan tanaman yang bisa kita ambil manfaatnya pada saat-saat tertentu.
Tanaman obat seperti jahetemulawak, lengkuas, kunyit, kumis kucing, alang-alang, sambiloto dan tanaman obat keluarga lainnya bisa tumbuh subur di pekarangan rumah cukup dengan pemberian air yang cukup, tidak perlu dipupuk atau disemprot menggunakan pestisida yang justru bisa mempengaruhi unsur hara yang terkandung sehingga manfaat utama dari tanaman obat akan berkurang. Tidak perlu menyediakan lahan yang luas untuk menanam tanaman obat, hanya menggunakan pot saja sudah bisa digunakan sebagai media tanam yang baik.
Keluarga yang sehat adalah keluarga yang mempunyai kesehatan prima. Tindakan pencegahan terbukti lebih baik agar kesehatan keluarga tetap terjaga sehingga anggota keluarga tidak mudah terserang berbagai penyakit. Manfaat dari tanaman obat keluarga yang tumbuh disekitar juga berfungsi sebagai apotek hidup. Pemanfaatan TOGA yang digunakan untuk pengobatan gangguan kesehatan keluarga menurut gejala umum adalah: Demam panas, Batuk, Sakit perut, Gatal-gatal.
Dengan berbagai jenis tumbuhan yang bisa mengobati berbagai jenis penyakit, apotek hidup bisa dijadikan sebagai pilihan utama sebagai tindakan untuk menangani penyakit keluarga. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke apotek untuk membeli obat, cukup mengambil tanaman di pekarang sudah bisa diolah menjadi obat keluarga yang alami dan tidak mempunyai efek samping. Selain bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit, tanaman obat juga cocok dikonsumsi kapan saja untuk menjaga kesehatan karena berbagai jenis tanaman obat bisa diolah menjadi jamu dan berbagai minuman kesehatan yang baik untuk kesehatan keluarga. Sudah saatnya untuk beralih menggunakan obat-obatan yang alami untuk menjaga kesehatan dan media penyembuhan dengan menggunakan tanaman.
Tanaman obat mempunyai berbagai manfaat yang bisa digunakan untuk menangani berbagai masalah kesehatan. Cara penanaman dan perawatan yang mudah membuat tanaman obat keluarga bertahan sejak jaman dahulu sampai sekarang.
Kecenderungan meningkatnya penggunaan obat tradisional didasari oleh beberapa faktor, yaitu:
1. Pada umumnya, harga obat–obatan buatan pabrik yang sangat mahal, sehingga masyarakat mencari alternatif pengobatan yang lebih murah.
2. Efek samping yang ditimbulkan oleh obat tradisional sangat kecil dibandingkan dengan obat buatan pabrik.
3. Kandungan unsur kimia yang terkandung di dalam obat tradisional sebenarnya menjadi dasar pengobatan kedokteran modern. Artinya, pembuatan obat–obatan pabrik menggunakan rumus kimia yang telah disentetis dari kandungan bahan alami ramuan tradisional.
Jadi, jika kita tidak ingin berobat dengan mengeluarkan biaya yang banyak, kita bisa menggunakan tanaman toga yang bisa kita tanam sendiri dipekarangan rumah dan mengolah nya menjadi obat atau bumbu masakan yang sedap dan sehat.

Komentar